Selasa, Maret 10, 2009

Korea Bidik Sumsel


Jakarta, SentralPos

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin terus melakukan penjajakan kerjasama ke luar negeri. Sejumlah negara mulai digarap, antara lain; Korea, Emirat Arab, India, dan Cina. 

 “Kita terus merintis ini.. Sumatera Selatan punya potensi bidang energi, antara lain 48 persen batubara di Indonesia ada di Sumatera Selatan. Para investor tertarik ini, termasuk yang terbaru hari ini dari Korea,” papar Alex, disela-sela menghadiri acara bertajuk 'Indonesia-Korea ICT Forum 2009' di The Ritz Carlton, Jakarta, Sabtu (7/3).
 Penjajakan investasi juga diperuntukkan bagi pembangunan pelabuhan laut Tanjung Api Api (TAA) dan pembangunan rel kereta api (KA) sepanjang 270 kilometer. “Batubara kita yang banyak itu belum dimanfaatkan sepenuhnya. Alasannya antara lain karena keterbatasan angkutan. Inilah salah satu konsen kita,” paparnya.
 Acara penjajakan kerjasama itu, juga dihadiri Menteri Keuangan/Plt Menko Perekonomian Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perdagangan Marie Elka Pangestu, Menteri Perekenomian Korea Lee Yun-Ho, dan Menteri Perdagangan Korea Koo Bun-Joon. Dalam sesi lain, Presiden Korea Lee Myung-Bak bertemu dengan Wakil Presiden RI HM Jusuf Kalla. 
 Selain Sumsel sedang melakukan penjajakan, ada delapan instansi di Indonesia yang melakukan penandatanganan kerjasama, yaitu pemerintah daerah dan BUMN. “Kerjasama ekonomi antara Indonesia dan Korea sangat penting. Langkah-langkah yang diambil perlu segera dilakukan sebagai kontribusi dan solusi atas krisis ekonomi global,” papar Sri Mulyani.(rel) 

Tidak ada komentar: