Minggu, Januari 25, 2009

Alex Resmikan RS PKU Muhammadiyah Plaju


Palembang, SentralPos
Gubernur Sumsel H Alex Noerdin SH, Kamis (22/1) Kemarin meresmikan pengoperasian Rumah Sakit (RS) Pertolongan Kesejahteraan Umat (PKU) Muhammadaiyah Plaju Ilir Palembang sekaligus bertepatan dengan Milad Muhammadiyah ke 99 tahu. Peresmian tersebut ditandai dengan penandatangan prsasti, pengguntingan pita pintu masuk di pintu Emergency RS serta penainjauan langsung sejumlah ruangan di RS tersebut.
 Acara peresmian ini dihadiri oleh sejumlah pejabat Muhammadiyah mulai dari Pimpinan Wilayah sampai dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah, pejabat pemerintah kota serta sejumlah staf Pemprov Sumsel. 
 Pendirian RS tersebut berawal dari Balai Kesehatan Ibu dan Anak namum, karena banyaknya beroperasi Balai yang sama maka secara bertahap ditingkatkan menjadi RS Muhammadiyah.
 RS yang telah berdiri sejak 38 tahun yang lalu ini, sebelumnya pernah mendapatkan bantua dari Alex Noerdin sebesar Rp 100 juta, dan Walikota Palembang Palembang Rp 50 juta. Dan saat ini RS tersebut sudah dapat melayani semua pelayanan kesehatan dengan 27 dokter umum dan spesialis. 
 Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dalam kata sambutannya mengungkapkan, peresmian RS tersebut yang juga bertepatan dengan Milad Muhammadiyah ke 99 sekaligus juga bersamaan dengan dimulainya pelaksanaan program berobat gratis. 
 "Diresmikannya RS PKU Muhammdaiyah ini, tentu menjadi harapan bagi ribuan warga Palembang, Ogan Ilir (OI) dan Banyuasin khususnya yang tinggal di kawasan pinggiran jauh dari pusat pelayanan kesehatan. Hal ini tentu sangat tepat dengan program berobat gratis yang di mulai hari ini,"kata Alex.
 Menurut Alex, Milad Muhammadiyah yang sudah mencapai 99 tahun, tentunya hal yang luar biasa. "Untuk Milad tahun depan, sudah mencapai seratus tahun, bayangkan saja, tidak ada organisasi yang setua dan selama itu mengabdi kepada kesejahteraan umat selama 100 tahun,"pungkasnya.
 Sementara itu, Dewan Penyantun sekaligus Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Plaju H Lutfi Barsat menilai, dengan keberadaan RS tersebut, seluruh masyarakat yang berdomisili di Plaju, pinggiran kabupaten OI dan Banyuasin akan antusias berobat di RS tersebut. "Untuk itu, kami juga mengharapkan kepada bapak gubernur agar RS ini juga dijadikan rujukan untuk layanan Jamsoskes. Karena dengan itu, masyarakat akan semakin membludak berobat ke RS tersebut,"harapnya.
 Dijelaskan H Lutfi Barsat, pihaknya bermaksud mengembangkan RS ini menjadi luas lagi. Saat ini, luas lahan 30 kali 45 meter dengan bangunan dua lantai dan akan ditingkat menjadi tiga lantai karena pondasinya sudah tiga lantai. 
 "Meski baru diresmikan sekarang, RS tersebut sudah dioperasikan mulai 2 Mei 2008 lalu dengan adanya surat dari Depkes dan Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel. Untuk pelayanan kesehatan semuanya sudah bisa dilayani di sini, dengan 27 dokter spesialis dan umum dengan 36 bed untuk kelas III dan tiga ruang untuk kelas II sekitar 22 bed,"pungkasnya. (W.05)  

  

Tidak ada komentar: