Minggu, Agustus 02, 2009

Alex Pertanyakan Peran KT di Sumsel


Palembang, SentralPos
Gubernur Sumsel H Alex Noerdin menilai peran Karang Taruna prov Sumsel saat ini belum ada dan kiprahnya dan tidak ada bunyi. Menurut Alex, selama ini masyarakat belum banyak yang tahu apa kiprah dari karang taruna.
"Selama ini belum bunyi, saya bicara apa adanya. Banyak masyarakat yang belum tahu kiprahnya, jadi lakukan program yang memang menyentuh langsung,"tegas Alex usai menghadiri Rakerda Karang Taruna Sumsel di Hotel Swarna Dwipa, Sabtu (1/8) kemarin.
Dalam acara yang dihadiri langsung ketua Karang Taruna Pusat, Dr Dodi Sutomo, serta puluhan anggota karang Taruna se Sumsel ini, Alex menghimbau, anggota karang taruna harus bisa mengawal setiap program pemerintah, hingga diharapkan semua program yang sudah berjalan dapat diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat.
"Misalnya ada rakyat yang belum mengerti maksud dan tujuan program itu, dan sudah disosialisasikan oleh dinas-dinas terkait, namun belum sampai ke suatu daerah. Nah..! Karang taruna lah yang harus turun tangan dan mensosialisasikannya kepada masyarakat,"jelas Alex.
Selain itu, Alex mengaharapkan kedepannya, karang taruna dapat mebuat program-program serta kegiatan yang dapat mensejahterakan masyarakat. Bahkan, para anggota karang taruna juga harus bisa meciptakan lapangan kerja sendiri, agar dapat mengurangi tingkat pengangguran.
"Jadi lakukan program yang memang menyentuh rakyat langsung. Jangan hanya pidato saja, rakyat tidak itu tidak perlu pidato. Kita pasti akan bantu dan fasilitasi kegiatan karang taruna,"tukas Alex.
Sementara itu, Ketua Karang Taruna Sumsel Dr Yudha Pratomo mengatakan, memang saat ini kepengurusan karang taruna belum terlalu aktif. Menurutnya, hal itu kerkendala oleh bermacam-macam aktifitas lainnya.
"Misalnya, pilkada, peleg dan sebagainya. Selain itu kepengurusan karang taruna ini kepengurusan yang baru. Hingga kita masih kesulitan untuk mengumpulkan anggota-anggota pengurus,"ujarnya.
Dijelaskan Yudha, terkait berbagai kendala itu, hingga dalam Rakerda inilah awal kegiatn-kegiatan karang taruna.
"Jadi program yang pertama, kita akan mangatasi masalah pengangguran. Rencananya kita akan buat serikat anti pengangguran. Disitu semua pengangguran akan kita arahkan, apakan harus menjadi wirausaha, atau profesi lainnya. Selain itu, kita akan mengawal semua program-program pemerintah hingga bisa disosialisasikan lengsung ke masyarakat,"pungkasnya. (W.05)

Tidak ada komentar: