Minggu, Agustus 02, 2009

Jalur Mudik Dijamin Lancar


Palembang, SentralPos

Menjelang masuknya bulan suci Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri, sejumlah ruas jalan provinsi yang ada di Sumsel saat ini sudah cukup baik dan tidak ada kendala. Bahkan, Dinas PU Bina Marga juga telah membentuk tim di tiap-tiap Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) untuk mengatasi kerusakan dan hal-hal yang mendesak, seperti kerusakan jalan akibat bencana alam dan lainnya.
Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas PU BM Sumsel, Heri Amalindo di DPRD Sumsel, Jumat (31/7) kemarin. Dijelaskannya, 7 UPTD yang ada di masing-masing daerah sudah diminta melakukan antisipasi bersama tim PU BM Sumsel jelang masuknya bulan puasa dan lebaran. Dengan demikian, diharapkan tidak ada lagi kendala serta kerusakan yang cukup parah.
"Kami juga mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar segera memberikan informasi mengenai hal-hal yang mendesak, seperti jalan rusak karena bencana alam tanah longsor dan lainnya. Dan kami akan segera mengantisipasinya, setelah mendapat informasi,"ujarnya.
Menurut Heri, sampai tahun baru 2010 mendatang diharapkan semua jalan provinsi tidak ada yang menjadi kendala lagi, apalagi tahun depan anggaran untuk perbaikan jalan dan jembatan cukup signifikan.
"Semua titik akan menjadi jadi perhatian kita. Namun, ada hal-hal yang urgen seperti jalan menghubungkan ibukota kabupaten dengan provinsi. Seperti jalan Martapura ke Palembang, Muara Enim ke Sekayu. Insya Allah tidak ada masalah. Anggaran untuk sekarang pembangunan jalan dan jembataan Rp 285 miliar, dan tahun depan akan meningkat cukup signifikan,"terang Heri.
Ditambahkannya, khusus kerusakan jalan nasional hampir sudah tidak ada lagi. Hanya saja, beberapa titik 2-3 persen yang rusak, namun itu semua sudah diantisipasi.
"Untuk anggaran, APBN sudah kucurkan untuk Jalintim. Kita ada dana tanggap darurat dan dana pembangunan. Jika lebaran ada yang rusak kita gunakan dana tanggap darurat, "pungkasnya. (W.05)

Tidak ada komentar: