Minggu, Agustus 02, 2009

Sijago Merah Cemaskan Warga Griya Hero


Palembang, SentralPos

Sejumlah warga yang berdomisili di perumahan Griya Hero, Kelurahan Talang Kelapa, Kecamatan Alang-alang Lebar (AAL), Minggu (2/8) kemarin dibuat cemas.
Pasalnya, semak belukar di lahan kosong milik PT Timur Jaya Teladan yang hanya berjarak beberapa meter dari perumahan warga, terbakar.
Titik api yang awalnya hanya terlihat seperti pembakaran sampah, semakin membesar dan membuat warga makin panik.
Selang beberapa waktu kemudian, kejadian yang berlangsung sekitar pukul 15.30 Wib itu, langsung dilaporkan oleh Taufik (30), salah satu warga Griya Hero kepada Camat AAL, Sulaiman Amin yang kemudian diteruskan ke Dinas Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) Palembang posko Kecamatan AAL di Jalan Soekarno- Hatta.
Tak berapa lama kemudian, dua unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan api agar tidak merambat ke pemukiman warga.
Awalnya, anggota PBK ini cukup kesulitan menaklukkan api yang sudah membakar semak belukar itu tetapi sekitar 30 menit kemudian, api berhasil dipadamkan.
Walaupun begitu, petugas pun masih menyisir kawasan itu untuk memastikan tidak ada api sedikitpun.
Camat AAL, Sulaiman Amin yang ditemui dilokasi kejadian mengatakan, kebakaran di lahan kosong itu diduga disebabkan dari puntung rokok yang dibuar warga sembarangan.
Karena kondisi semak belukar yang kering ditambah angin yang cukup kencang, membuat api semakin membesar.
"Dari keterangan sejumlah warga, api diduga karena puntung rokok yang dibuang sembarangan oleh warga. Karena cuaca saat ini cukup panas, jadi api semakin mudah menjalar di rumput yang rata-rata sudah kering,"ungkap Sulaiman.
Disambungnya, di Kecamatan AAL sendiri bukan kali ini pertama kejadian serupa terjadi. Sedikitnya lima kali lahan kosong yang dipenuhi semak belukar terbakar yakni di Karya Jaya, Prumnas Griya Talang Kelapa, dan Griya Hero.
"Kebakaran tersebut, rata-rata disebabkan oleh kecerobohan warga yang membuang puntung rokok sembarangan. Selain itu, kebakaran juga disengaja oleh warga yang ingin membuka lahan secara cepat,"terangnya.
Karena itu ia meminta warga, untuk tidak membuang puntung rokok secara sembarangan terutama di lahan yang dipenuhi semak belukar.
"Ini berbahaya, karena api akan cepat menjalar. Jika sudah demikian, api akan sulit dipadamkan sehingga bisa membahayakan pemukiman warga," jelasnya.
Pantauan SentralPos sendiri di lokasi kejadian, api sudah menghanguskan semak belukar di lahan kosong itu. Sisa-sisa kebakaran ini, menimbulkan asap tebal sehingga mengganggu jarak pandang di Jalan Dahlan Hai Maskrebet dan Jalan Soekarno-Hatta. (W.05)

Tidak ada komentar: