Minggu, Maret 22, 2009

SBY Jawab Kritik Pesaingnya


*Janji Terus Lakukan BLT
Palembang, SentralPos
Kebijakan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam pemerintahanya selama ini, sering menuai kritik para pesaingnya salah satunya, Megawati Soekarno Putri. Ketua Umum DPP Partai Demokrarsi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu, pernah mengecam kebijakan pemberian bantuan langsung tunai (BLT) yang dikucurkan pemerintahan SBY sebagai kompensasi kenaikan bahan bakar minyak (BBM) beberapa waktu lalu. 
Pemberian BLT dinilai Megawati, adalah salah satu bentuk program yang membodohi masyarakat. Tetapi hal itu, dijawab oleh SBY. Dalam kapasitasnya sebagai Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat (PD), SBY membela semua program yang telah dilaksanakan pemerintahannya selama ini. 
"Tidak ada yang salah dari BLT, BLT kita berikan untuk meringankan beban masyarakat. Tidak salah jika negara membantu rakyatnya, agama tidak melarang itu," kata SBY dihadapan puluhan ribu yang membirukan lapangan parkir Bumi Sriwijaya dalam Kampanye Akbar PD, Minggu (22/3). 
SBY juga membantah jika dianggap program pro rakyat yang selama ini dilakukan pemerintahannya, hanyalah program BLT. Ditegaskan SBY, banyak program pro rakyat yang telah dikucurkan pemerintah seperti Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Kredit Usaha Rakyat (KUR), Jamkesmas dan program lainnya. 
"Apakah itu salah, tidak. Program-program pro rakyat ini akan terus kita lakukan. Partai apa yang akan melanjutkannya ?, Partai Demokrat. No berapa, No 31," tegas SBY. 
 Dalam kesempatan itu, SBY juga berharap Sumsel bisa menjadi provinsi lumbung energi dan pangan nasional. Menurut dia, dengan potensi kekayaan alamnya Sumsel bisa mewujudkan itu. Dia juga berjanji akan memperhatikan pembangunan infrastruktur di Sumsel dan memberikan perhatian lebih kepada kesejahteraan guru dan kesehatan masyarakat Sumsel. 
 "Sumatera Selatan harus menjadi lumbung energi, minyak, gas, batu bara listrik harus kita bangun. Agar benar-benar provinsi Sumsel harus menjadi sumber energi," ungkap SBY. 
 Sambung SBY, "Apakah kalian ingin hasil dan capaian ini dilanjutkan atau tidak. Apakah kalian ingin Indonesia dan Sumsel terus maju," Kalau mau, pilih parpol yang konsisten, konsekuen dan bekerja keras untuk rakyat," tanya Yudhoyono yang merupakan mantan panglima Kodam Sriwijaya itu kepada massa.
 Untuk itu lanjutnya, dibutuhkan program-program pro petani dan pro rakyat seperti bantuan benih dan pupuk kepada petani. Program-program itulah cetus SBY yang akan dilakukan Partai Demokrat.  
 Pada kampanye tersebut, ribuan massa yang hadir terlihat antusias dengan dihibur sejumlah artis ibukota yakni, Dewi Yull, Ike Nurjanah, The Changcuters, Andra and the Backbone serta Edwin dan Jodi. Massa tampak berdesak-desakan hingga harus disiram dengan air pemadam kebakaran yang telah disiapkan sebelum acara berlangsung. (W.05)

Tidak ada komentar: